Latar Belakang

Beberapa tahun belakangan ini olahraga lari berkembang pesat di Indonesia, khususnya di kota-kota besar. Hal ini sejalan dengan trend gaya hidup sehat yang tumbuh di tengah-tengah masyarakat. Berkembangnya olahraga lari ini diikuti oleh banyaknya komunitas-komunitas lari yang terbentuk. Para runner begitu yang sering disematkan kepada para penggiat lari ini, datang dari berbagai macam latar belakang. Ada yang dari kalangan professional, artis, ibu rumah tangga atau dari kalangan eksekutif muda. Dengan latar belakang yang berbeda-beda tersebut, mereka disatukan dalam satu komunitas yakni komunitas lari.

Javan Hawk Eagle Trail (JHET) adalah sebuah nama untuk inisiatif bersama (trail runners; hikers; riders; campers; trainers; outdoor interpreters, etc.) dalam melakukan pelestarian dan konservasi kawasan hutan, khususnya habitat Elang Jawa yang juga sekaligus tempat bermain (playground) para pegiat alam terbuka ini. Nama JHET sendiri terinpirasi dari lokasi habitat hidup elang jawa yang sekaligus sebagai lokasi Trail Running, dan Elang jawa merupakan species elang yang keberadaannya terancam punah. Sehingga diperlukan kegiatan-kegiatan yang mendukung perlindungan dan atau pengembangan populasi dari species ini.

Elang Jawa adalah salah satu spesies yang masuk kategori Endangered Species (EN). Endangered Species berarti populasi Elang Jawa sangat sedikit dan sudah terancam punah dengan trend populasi menurun terus.  Hal ini terjadi akibat dari berkurangnya hutan yang menjadi habitat Elang Jawa itu sendiri dan aktivitas perburuan yang masih saja terjadi. Laporan terakhir menyebutkan bahwa populasi Elang Jawa hanya sekitar 137 – 188 pasang atau sekitar 600 – 800 ekor saja.

Javan Hawk Eagle Trail adalah titik masuk atau interface antara pegiat alam terbuka, pegiat lingkungan hidup, dan pemberdayaan masyarakat secara luas. Salah satu peran masyarakat adalah melalui kontribusi komunitas Trail Running dan Hiking, dimana setiap individu yang berlari di wilayah habitat elang jawa secara otomatis akan berkontribusi terhadap pelestarian habitat elang jawa.

Visi JHET

Safe Trail

Happy Communities

Safe Eagle

Tujuan JHET

  • Meningkatkan kesadaran bersama tentang pelestarian kawasan hutan khususnya habitat elang Jawa
  • Membangun peran serta masyarakat terhadap pelestarian kawasan hutan melalui kegiatan educational trail
  • Meningkatkan peran serta masyarakat sekitar hutan dalam memanfaatkan sumber daya alam melalui pemberdayaan masyarakat sekitar hutan (Taman Nasional)
  • Membangun sinergisitas antar kelembagaan untuk berperan aktif dalam pelestarian habitat Elang Jawa