Lokakarya Program Pengelolaan Jalur Berbasis Komunitas (Community-Based Trail Management) YPA Tapak Gerot Di Garut

Yayasan Puter Indonesia merupakan salah satu lembaga yang mengembangkan pemanfaatan dan pengelolaan lingkungan berbasis masyarakat. Yayasan Puter Indonesia beranggapan masyarakat memiliki andil yang sangat besar dalam memanfaatkan, melestarikan dan menjaga lingkungannya sendiri, salah satunya dalam kegiatan pengelolaan jalur berbasis komunitas (community-based trail management). Dengan mekanisme pengelolaan jalur berbasis masyarakat, Yayasan Puter Indonesia melalui program Javan Hawk Eagle Trail (JHET) mendorong dalam memberikan kesempatan bagi masyarakat sekitar hutan mendapatkan akses untuk pengelolaan dan pemanfaatan lingkungan, serta memiliki kemampuan dan kepedulian terhadap lingkungannya.

Yayasan Puter Indonesia dengan dukungan The United States Forest Service (USFS) telah merancang suatu kegiatan program yang akan dijalankan bersama-sama dengan komunitas JHET dibeberapa daerah untuk melakukan Program Kerja Pengelolaan Jalur Berbasis Komunitas (Community-Based Trail Management). Yayasan Puter Indonesia memfasilitasi YPA Tapak Gerot dalam membangun program kerja strategis (roadmap) untuk pengelolaan jalur di wilayah pendakian Gunung Cikuray, Kabupaten Garut. Kegiatan lokakarya melibatkan Perum Perhutani KPH Kabupaten Garut, LMDH Makmur Lestari Sukahurip, Pemdes Sukahurip, dan perwakilan dari beberapa komunitas di Gunung Cikuray antaralain: Karang Taruna, Ojeg Gunung, Pengelola Jalur/Basecamp Cikuray, Aktivis Lingkungan di kota Garut.

Diharapkan dengan kegiatan lokakarya ini, dapat merumuskan pemahaman bersama mengenai pengelolaan jalur serta memperkuat visi dan misi yang telah terjalin antara Yayasan Puter Indonesia, JHET dan YPA Tapak Gerot. Semoga.

Bagikan :