JHET TRAIL RUN SIMULASI COVID-19

Pandemi Covid-19 yang menyebar di Indonesia berakibat pada berbagai aktivitas kehidupan, salah satunya adalah pelaksanaan perlombaan lari alam terbuka (trail running). Berpijak pada permasalahan tersebut, tentunya diperlukan adanya upaya kongkrit untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19 dan kegiatan lomba lari alam terbuka tetap dapat dilaksanakan. Berkenaan dengan hal ini, kami menyelenggarakan kegiatan simulasi penerapan protokol kesehatan Covid-19 dalam Trail Run Challenge di Trek-11 Sukawana – Lembang, Bandung yang dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2020.

Simulasi ini diharapkan setidaknya menjadi bagian kontribusi kami sebagai adaptasi pandemic covid-19 dalam kegiatan trail running, dan kami dalam menyelenggarakan even ini menggunakan panduan standar dari Internasional Trail Running Association (ITRA).

Pada pelaksanaan lomba, proses demi proses kegiatan dilakukan dengan mengikuti prosedur penanganan penyebaran covid-19. Kami membatasi jumlah peserta lomba trail runner ini hanya 30 orang, putera dan puteri. s. Menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak  merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam setiap kegiatan penyelenggaraan event ini.

Dengan adanya adaptasi terhadap protocol covid-19 dalam simulasi trail running ini peserta yang bisa ikut juga bukan pelari pemula, tapi pelari yang sudah memiliki jam terbang dalam beberapa event lari di alam terbuka (trail running). Usia pelari minimal 17 tahun dan maksimal 45 tahun. Pada saat pendaftaran peserta lari harus terbebas dari Covid-19 dengan mengikuti test rapid yang difasilitasi oleh panitia. Dalam hal ini peserta akan disaring berdasarkan hasil rapid test dan bila nonreaktif, peserta diwajibkan menjalani karantina di tempat yang telah disiapkan oleh penyelenggara. Karantina akan dilakukan  sampai dengan penyelenggaraan lomba, dengan tetap mematuhi peraturan menjaga jarak fisik antar peserta. Sedangkan bagi peserta yang dinyatakan reaktif virus Covid-19, akan dinyatakan gugur dan tidak dapat ikut perlombaan.

Hasil Result

Dokumentasi Foto