FUN TRAIL RUN DAN PENANAMAN

Kolaborasi antara Javan Hawk Eagle Trail dan Komunitas Lari Ngaprak

Kegiatan olah raga trail akhir-akhir ini semakin diminati masyarakat Indonesia, khususnya kaum generasi muda. Olahraga Trail Running dapat memberikan kesempatan yang unik untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap pentingnya pelestarian alam. Dimana penanaman pohon memiliki hubungan yang erat dalam konteks pelestarian alam. Melalui partisipasi aktif dalam penanaman pohon dan upaya lainnya, para pengiat trail running dapat berperan sebagai agen perubahan positif dalam menjaga kelestarian alam sebagai tempat mereka melakukan kegiatan olahraga di alam terbuka. Sehingga menjadi efektif untuk mengajak mereka berpartisipasi dalam pelestarian alam.

Kegiatan Penanaman dan Fun Trail Run yang dilaksanakan merupakan hasil kolaborasi antara Javan Hawk Eagle Trail dengan Komunitas trail running yaitu komunitas Lari Ngaprak. Kegiatan penanaman dan Fun Trail Run diadakan pada tanggal 4 Juni 2023 yang diikuti oleh 57 orang yang terdiri dari Kelompok Tani Ketan Mas 16 orang, panitia sebanyak 10 orang dan peserta Fun Trail Run 31 orang dari berbagai komunitas, khususnya komunitas lari trail yang ada di Bogor. Beberapa komunitas lari yang ikut serta dalam Fun Trail Run diantaranya: Sat Set Trail Running; Sobat Sunday; Kawan Lari, Bogor Runners, dan komunitas lainnya. Salah satu yang menarik dari peserta lari kali ini adalah terdapat peserta dari kalangan ibu-ibu pecinta lari yang tergabung dalam komunitas Kawan Lari. Rute trail run melewati jalur PKS JHET yang berada di area TNGHS sejauh kurang lebih 6,87 Km.

Dusun Tapos

Tempat

150

Pohon

2 Ha

Luas

1 km

Jalur Penanaman

Penanaman dilakukan di lahan garapan Dusun Tapos Sukaharja dengan luasan kurang lebih 2 Ha dan pada jalur dengan panjang 1 Km. Penanaman pohon dilaksanakan di lahan garapan petani Dusun Tapos dengan jumlah 150 pohon. Jenis bibit yang ditanam adalah  bibit Manggis, Durian, Cengkeh, Jengkol dan Jambu Merah. Pemilihan jenis bibit berdasarkan keinginan petani dimana petani memilih tanaman buah dengan harapan selain bermanfaat bagi lingkungan juga petani bisa memanen hasil buah-buahan yang ditanam tersebut.

Antusiasme para peserta ditunjukkan dengan ungkapan dan komentar yang diberikan saat berlangsungnya event dan beberapa unggahan postingan yang ada di media sosial Instagram @javanhawkeagletrail dan @laringaprak. Mereka menikmati acara yang diselenggarakan mulai dari pelaksanaan penanaman, venue start, dan rute trail.  Menurut para peserta, kegiatan ini menjadi menjadi tantangan tersendiri karena dapat ikut serta menjaga kelestarian alam di sekitar TNGHS dengan melakukan penanaman sekaligus menikmati kegiatan Fun Trail Run dengan sajian pemandangan alam yang menarik.

Bagikan :